HARI PANGAN SEDUNIA 2011

Seminar Nasional dalam rangka Hari Pangan Sedunia 16 Oktober 2011 di UNS

Sabtu (15/10/2011) Himpunan Mahasiswa Teknologi Pertanian (HIMAGHITA) UNS menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk ” “Strategi Optimalisasi Bahan Baku Lokal Berbasis Pangan Fungsional dalam Peningkatan Kesehatan Masyarakat dan Perekonomian Daerah”. Sebagai nara sumber pada seminar tersebut adalah Prof. Dr. Ir. Purwiyatno Hariyadi, M.Sc., Ph.D. selaku pimpinan redaksi Majalah Foodreview Indonesia, Ir. Yusuf Hady, M.Si, yaitu Wakil Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) , dan Prof. Dr. Ir. Sri Handajani, M.S., Ph.D., Guru Besar dari Jurusan Teknologi Pertanian UNS.

Prof. Dr. Ir. Purwiyatno Hariyadi, M.Sc., Ph.D. membahas tentang tren produk pangan saat ini yang tidak hanya aman, tetapi juga harus mempunyai manfaat bagi kesehatan. Beliau juga mengungkapkan potensi alam Indonesia yang  begitu besar untuk diolah menjadi berbagai pangan fungsional. Pada sesi kedua, Prof. Ir. Sri Handajani, M.S., Ph.D. memberikan contoh nyata teknologi pengolahan wijen (Sesamum indicum .L) menjadi produk pangan yang bermanfaat bagi kesehatan. Pemamparan ini didasarkan pada penelitian yang selama ini ditekuninya. Sementara, Ir. Yusuf Hady, M.Si memaparkan peluang industrialisasi bahan pangan lokal, sekaligus prosepek pasar pangan fungsional. Hal yang perlu dicatat dalam penjelasan Ir. Yusuf Hady, M.Si, salah satu syarat industrialisasi bahan lokal adalah kontinuitas bahan bakunya harus dapat terjamin.

Ratusan peserta memadati ruang seminar

Tidak kurang dari 300 peserta menghadiri acara yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Pangan Sedunia ini. Selaku moderator seminar nasional ini, saya bangga melihat antusiasme para peserta, yang notabene sebagian besar adalah mahasiswa , untuk berdiskusi dengan para narasumber.

Staff pengajar Jur. Ilmu dan Teknologi Pangan UNS bersama para nara sumber

HIDUP PANGAN INDONESIA !

Berita terkait: http://foodreview.biz/preview.php?view2&id=56170